fbpx

Pilih Bahasa :  Indonesia  English

Jan 25

Daftar Air Terjun Menakjubkan Dan Keren

 

Air terjun adalah salah satu wisata alam yang digandrungi para pejalan. Jika Kamu termasuk orang yang suka air terjun , tujuh tempat ini tak boleh dilewatkan.   

  • Niagara, Amerika Serikat

Walaupun air terjun ini bukan terbesar di dunia, akses yang susah membuat air terjun satu ini paling terkenal di dunia.   Cara paling umum untuk menikmati keindahannya, adalah dari Maid of the Mist perahu wisata yang membawa kamu dekat dengan tempat ini.   

  • Tugela, Afrika Selatan

Merupakan air terjun paling tinggi di Afrika dan beberapa orang mengatakan paling tinggi di dunia. Pada musim dingin pilar es terbentuk di air terjun bagian atas. Kamu bisa berjalan kaki dengan mudah ke dasar air terjun. Untuk naik ke puncaknya, Kamu bisa menaiki rantaian tangga yang menantang.  

  • Sekumpul, Indonesia

Bila berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mengunjungi Desa Sawan dan pergi ke Air Terjun Sekumpul.   Untuk pergi ke air terjun ini, kamu harus menuruni tangga yang curam dan menyebrangi laut setinggi paha orang dewasa. Cukup membayar Rp 2.000, dan kamu sudah bisa menikmati pesona air terjun ini.  

  • Mitchell, Australia

Air terjun ini terletal di Kimberley, di bagian barat Australia. Air terjun ini memiliki empat tingkatan yang sangat indah di musim penghujan. Hanya dapat diakses dengan berjalan kaki dan kendaraan roda empat.   Untuk kamu yang ingin sensasi berbeda, perjalanan udara spektakuler dengan helikopter memungkinkan kamu untuk menjelajahi air terjun ini lebih jauh ke hilir.  

  • Tumpak Sewu, Indonesia

Berada di daerah Lumajang, Jawa Timur, menjadikan air terjun ini destinasi wisata favorit wisnus dan warga daerah setempat.

Air terjun ini memiliki panorama indah bagai di awan dengan ketinggian 120 meter. Akses menuju air terjun ini juga cukup mudah, kamu cukup berjalan atau naik kendaraan roda dua untuk mencapainya.

Harga tiket masuknya sangat murah. Dengan Rp 5.000 kamu sudah bisa menikmati pesona alam yang ditawarkan di sini. Bila ingin menginap, di daerah sekitarnya juga terdapat homestay dengan kisaran harga Rp 30.000/ hari.

  • Dettifoss, Iceland

Memiliki ketinggian 45 meter dengan lebar 100 meter membuat air terjun ini tampak mengesankan. Tepian sungai timur lebih mudah diakses, tepi barat lebih dramatis. Untuk mencapai hulu dari air terjun, kamu harus mendaki medan yang terjal.  

  • Bissappu, Indonesia

Berada di Bantaeng, Sulawesi Selatan, tempat ini menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Memiliki tinggi 80 meter, tempat ini dilengkapi dengan pesona alami dari hutan dengan bebatuan yang indah.   Cukup membawa uang Rp 5.000, kamu bisa menikmati keindahan dari air terjun ini. Akses ke sini cukup dengan berjalan kaki sejauh 30 meter.  

Sumber : https://travel.kompas.com/read/2019/08/20/111427427/7-air-terjun-menakjubkan-dari-seluruh-dunia-beberapa-ada-di-indonesia?page=all

 

7 Air Terjun di Bengkulu yang Menawan dan Wajib Kamu Kunjungi

"Surganya" wisata alam tak hanya di Pulau Jawa. Daerah-daerah di Pulau Sumatra, seperti Bengkulu, pun punya potensi wisata alam yang gak kalah menarik. Yap, kondisi geografis Provinsi Bengkulu yang berdekatan dengan pegunungan Bukit Barisan membuat Bumi Rafflesia ini dikaruniai alam yang memesona.

  • Curug Sembilan

Curug Sembilan berlokasi di Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Sesuai namanya, air terjun ini memiliki sembilan pancaran air terjun yang bertingkat, sekaligus sembilan kolamnya.

Untuk mencapainya memang dibutuhkan waktu yang tidak sedikit dengan kondisi jalan yang cukup melelahkan. Kamu harus berjalan sekitar 3-4 jam dari Desa Tanah Hitam. Namun sesampainya di lokasi, rasa lelahmu dijamin akan lunas terbayar dengan indahnya pemandangan.   

  • Air Terjun Tri Muara Karang

Air Terjun Tri Muara Karang terletak di Desa Blitar Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong. Kamu akan disuguhkan tiga aliran air terjun yang memesona. Uniknya lagi, tiga aliran air terjun di sini memiliki suhu yang berbeda-beda.

Dimulai dari tempat paling atas terdapat air terjun panas, kemudian di tingkat kedua ada air terjun hangat, dan terakhir yang paling bawah adalah air terjun dingin.   

  • Air Terjun Batu Betiang

Masih di Kabupaten Rejang Lebong, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Batu Betiang yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). TNKS sendiri merupakan satu dari tiga taman nasional di Pulau Sumatera yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.  

Untuk mencapainya, kamu bisa mulai dari Curup, ibu kota Rejang Lebong. Hanya butuh waktu 15–20 menit dengan sepeda motor, menuju Dusun Mirasi, Desa Babakan Baru. Selanjutnya, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki santai sekitar dua jam hingga sampai di Air Terjun Batu Betiang.   

  • Air Terjun Sengkuang Kepahiang

Air Terjun Sengkuang Kepahiang terletak sekitar 48 kilometer dari pusat Kota Bengkulu, atau tepatnya berada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang.

Tinggi air terjun ini mencapai 25 meter. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu akan mendapat bonus pemandangan hijaunya perkebunan teh yang sudah ada sejak penjajahan Inggris di Bengkulu.   

  • Curug Cay

Satu lagi air terjun yang layak dikunjungi, Curug Cay namanya. Lokasinya berada di Desa Bukit, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah. Kamu bisa menempuh perjalanan darat dari Bengkulu dengan jarak sekitar 25 kilometer, estimasi waktu tempuh 45-60 menit.

Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun setinggi sekitar 12 meter. Tepat di bawah air terjun terdapat sebuah kolam seluas 15 hingga 20 meter. Airnya dingin dan jernih dengan kedalaman berkisar tiga meter.   

  • Air terjun Kepala Curup

Air terjun Kepala Curup berlokasi di Desa Kepala Curup, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong. Surga tersembunyi ini memiliki aliran air terjun ketinggian 100 meter dengan panorama alam yang sangat memukau.  

Keistimewaan dari air terjun ini adalah lokasinya yang berada di habitat asli aneka ragam hewan dan tumbuhan yang ada di hutan sekitar air terjun. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sebuah gua yang berada tepat di tengah aliran Air Terjun Kepala Curup.  

  • Air Terjun Mandi Angin

Last but not least, ada Air Terjun Mandi Angin yang berada di Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko. Air terjun yang terletak di dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) ini diklaim sebagai yang tertinggi di Bengkulu dengan ketinggian mencapai 80 meter.

Air terjun ini dinamakan Mandi Angin, karena kalau kamu berada di jarak 50 meter dari titik air jatuh, maka pakaianmu akan basah oleh air yang terbawa angin. Di sekitar air terjun, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan alam yang masih sangat alami dan memesona.   

Sumber : https://www.idntimes.com/travel/destination/andry-trisandy/7-air-terjun-di-bengkulu-yang-menawan-dan-wajib-kamu-kunjungi

 

8 Air Terjun Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi

Indonesia menyimpan potensi keindahan alam yang mengagumkan, sehingga banyak di antaranya menjadi destinasi wisata populer seperti Gunung Semeru di Jawa Timur dan Pantai Kuta di Bali. Bagi yang suka memacu adrenalin, kamu bisa mendaki gunung. Tapi kalau lebih suka main air, biasanya kebanyakan orang akan berlibur ke pantai.

Bagi yang ingin bermain air sambil menikmati alam, ada alternatif selain pantai yang bisa kamu tuju yaitu air terjun. Indonesia memiliki banyak air terjun yang tidak hanya segar, tapi juga pemandangan alam yang memanjakan mata. Untuk menambah pengalaman jelajah alam tanah air, inilah beberapa air terjun terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi!   

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Memiliki ketinggian 620 mdpl, Air Terjun Madakaripura memegang predikat sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Untuk bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Madakaripura, kamu harus membayar tiket masuk Rp5.000 dan melewati jalan yang cukup terjal dan licin.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup menantang, kamu akan disambut oleh pemandangan yang mengagumkan. Air Terjun Madakaripura berbentuk seperti curug (air terjun kecil) yang dikelilingi oleh barisan bukit. Konon, Air Terjun Madakaripura merupakan sebuah tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit pada masa silam.  

Air Terjun Banyumala, Bali   

Bali tak asing dengan beragam pantai cantiknya. Tapi, siapa sangka bahwa Pulau Dewata ini juga menyimpan air terjun yang menyuguhkan panorama indah? Air Terjun Banyumala namanya, berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun. Air terjun terbesar berada di bagian tengahnya. Air yang mengalir deras akan membentuk sebuah kolam alami yang airnya begitu jernih dan segar.

Bagi yang tertarik berkunjung ke Air Terjun Banyumala, kamu bisa langsung datang ke Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng. Jika berangkat dari Denpasar, kamu butuh waktu perjalanan ekitar tiga jam. Selain itu, jangan lupa siapkan uang Rp10.000 untuk membayar tiket masuk ke Air Terjun Banyumala.

Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

Tidak jauh dari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, kamu bisa menemukan Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun yang sudah terkenal hingga mancanegara ini berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl dan dikelilingi hutan pinus. Di samping itu, air terjunnya sendiri memiliki tinggi sekitar 120 meter. Bisa kamu bayangkan pemandangannya, bukan?

Dari Medan, kamu bisa menaiki bus jurusan Kabanjahe dengan perjalanan sekitar 2 jam. Setelah sampai di Kabanjahe, lanjutkan perjalanan dengan bus menuju Danau Toba. Untuk mencapai Air Terjun Sipiso-piso,  kamu harus melewati jalur berupa anak-anak tangga selama 1 jam. Usaha mencapai air terjun terindah di Indonesia ini tak akan sia-sia setelah kamu melihat sendiri pemandangan alam yang ditampilkan.   

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Berada di tepi Sungai Oyo, Air Terjun Sri Gethuk berasal dari tiga sumber mata air bernama Kedung Poh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiga sumber mata air tersebut mengalir melalui tebing karst dan membentuk kolam alami di dasar air terjun. Di sinilah kamu bisa berenang atau sekadar bermain air sambil merasakan kesegaran airnya.   

Masyarakat setempat percaya bahwa Air Terjun Sri Gethuk adalah tempat penyimpanan kethuk, salah satu instrumen gamelan, milik Jin Anggo Meduro. Konon, pada saat tertentu akan terdengar suara gamelan dari arah air terjun. Daripada penasaran, kamu bisa langsung datang ke Air Terjun Sri Gethuk di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.   

Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

Lombok dikenal akan kemegahan Gunung Rinjani. Tapi untuk menikmati keindahan gunung tersebut, mendaki bukan satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan. Di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Air Berik, Kecamatan Batukliang Utara, kamu akan menemukan Air Terjun Benang Kelambu yang tampak asri dengan pohon gambung rimbun.

Menariknya, air terjun tersebut keluar dari sela-sela pohon gambung dengan enam titik air. Air ini terlihat sangat tipis dan lembut seperti kelambu. Bahkan, suara jatuhnya air pun tidak begitu bising. Itulah kenapa dinamakan Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun yang mengalir akan membentuk sebuah kolam alami. Masyarakat setempat percaya jika mandi di Air Terjun Benang Kelambu bisa membuat awet muda.  

Air Terjun Coban Pelangi, Malang

Sesuai namanya, Air Terjun Coban Pelangi menyuguhkan pemandangan pelangi di sekitar air terjun. Agar bisa menyaksikan secara langsung, sebaiknya kamu datang ke sini sekitar pukul 10:00 – 14:00. Pada waktu tersebut, posisi matahari yang sudah cukup tinggi akan memantulkan sinar pada air di sekitar air terjun sehingga tampak berwarna-warni seperti pelangi.

Air Terjun Coban Pelangi masih merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo, tepatnya di Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang. Dari pusat Kota Malang, jarak menuju salah satu air terjun terindah di Indonesia adalah sekitar 32 km. Sesampainya di lokasi, kamu harus berjalan kaki sepanjang 1 km untuk mencapai Air Terjun Coban Pelangi.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Sumatera Utara

Sipiso-piso bukan satu-satunya air terjun yang bisa kamu temukan di Sumatera Utara. Masih ada Air Terjun Dua Warna Sibolangit yang berlokasi di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Untuk bisa mencapai air terjun ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp25.000. Biaya tersebut digunakan untuk perawatan cagar alam di Sibolangit.

Dinamakan “Air Terjun Dua Warna” karena airnya memiliki gradasi dua warna, yaitu biru muda dan putih kelabu. Fenomena alam ini terjadi karena adanya air yang mengandung fosfor dan belerang. Air terjun yang juga terkenal di Indonesia ini mengalir membentuk kolam alami yang bisa digunakan pengunjung untuk berenang atau sekadar bermain air.  

Air Terjun Nglirip, Tuban

Bagi yang tinggal di Tuban, Jawa Timur, kamu bisa berlibur ke Air Terjun Nglirip di Pedukuhan Jojogan Desa Mulyoagung, Singgahan. Dari pusat Kota Tuban, jaraknya kira-kira 36 km. Begitu sampai di lokasi, kamu akan disambut keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan lebar 28 meter ini.

Air Terjun Nglirip berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak, yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi. Airnya yang jernih dan alirannya yang cukup deras membuat area air terjun ini terasa sejuk. Menariknya, di balik air terjun kamu juga bisa menemukan sebuah gua yang kabarnya sering digunakan sebagai tempat bersemadi.  

 ***.   

Itulah beberapa spot air terjun terindah di Indonesia yang bisa menjadi referensi destinasi wisata kamu selanjutnya. Dengan suasana yang sejuk dan pesona alam yang indah, berbagai air terjun tersebut cocok bagi kamu yang ingin berwisata di kawasan sepi. Dengan begitu, kamu pun bisa menikmati waktu liburan dengan lebih maksimal

Sumber : https://blog.traveloka.com/tips/8-air-terjun-terindah-di-indonesia-yang-wajib-kamu-jelajahi/

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.